Menko Airlangga Ajak G20 Bangkit Bersama!

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia mengajak seluruh anggota G20 untuk bangkit bersama. Tanpa kohesi, sulit untuk mencapai pertumbuhan masing-masing negara.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Airlangga mengatakan Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi selama badai COVID-19. Indonesia mampu melanjutkan tren positif dengan pertumbuhan 5,1 persen pada kuartal I 2022.

Indonesia meminta dukungan Anda untuk memastikan dunia pulih bersama sehingga kita semua bisa lebih kuat menghadapi tantangan ke depan, ‚ÄĚkata Airlangga Hartarto (710, dikutip).

Ekspor Indonesia tumbuh 16,2 persen dan neraca perdagangan Indonesia mencapai $16,89 miliar, tertinggi dalam 15 tahun.

Kali ini Airlangga dalam pidato virtualnya pada pembukaan Sherpa Gathering ke-2 di Labuan Bajo, NTT.

Kemajuan ini telah memungkinkan Indonesia untuk mendapatkan kembali statusnya sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas. Namun, jika hanya ekonomi yang pulih, maka tentu tidak ada gunanya.

Dalam kesempatan ini, Airlangga berharap negara-negara anggota G20 atau Group of Twenty (G20) sebagai forum ekonomi global utama harus bersama-sama melihat perusahaan yang multidimensi dan saling berhubungan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Berbagai risiko dan tantangan global juga semakin meningkat dan memperlambat pemulihan ekonomi global. Tantangan tersebut terkait dengan The Perfect Storm Order 5C yaitu COVID-19, Konflik, Perubahan Iklim, Harga Komoditas dan Biaya Hidup.

Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan melambat, katanya. Bank Dunia juga memperkirakan pertumbuhan hanya 2,9 persen.

Ekonomi negara-negara berkembang akan mencapai tingkat pertumbuhan 3,4 persen pada tahun 2022, setengah dari tingkat pertumbuhan tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *