Menghilangkan Sakit Kepala dengan Herbal disekitar Kita

Setiap yang diciptakan Allah pasti memiliki tujuan dan manfaatnya bagi manusia. salah satunya adalah rempah-rempah yang ada disekitar kita, ternyata bisa mencadi Cara untukĀ  Menghilangkan Sakit Kepala


Penyebab sakit kepala bisa dikarenakan berbagai hal. Berikut cara menghilangkannya dengan rempah-rempah yang bisa berfungsi sebagai pengganti obat kimia.

Sakit kepala adalah penyakit umum dirasakan semua orang, yang ditandai dengan perasaan tegang di leher, bahu, dan daerah kulit kepala. Gejala sakit kepala setiap orang berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga berat.

Sakit kepala ada banyak sekali jenisnya. Sakit kepala tegang menyebabkan nyeri ringan hingga sedang dan cenderung mempengaruhi kedua sisi kepala. Migrain menyebabkan nyeri sedang hingga berat, seringkali hanya pada bagian tertentu.

Meskipun sudah ada banyak obat yang bisa menghilangkan gejala sakit kepala, namun ada pula obat alami yang bisa meredakan sakit kepala, salah satunya dengan menggunakan rempah-rempah

Berikut adalah jenis rempah-rempah yang dipercaya dapat mengurangi sakit kepala:

1. Jahe

Jahe adalah obat rumah yang sempurna untuk mengurangi peradangan pembuluh darah di kepala karena mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Melansir The Healthy, jahe juga dapat membantu mengatasi mual yang sering disertai migrain.

Cara menghilangkan sakit kepala dengan jahe adalah dengan mengupas tiga iris jahe berukuran seperempat, campur dengan teh dan rendam dalam air mendidih, lalu tutup selama 30 menit. Minumlah teh ini sekali atau dua kali sehari.

Seperti dilansir Healthline, jahe bisa berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakteri. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian tahun 2014 yang diterbitkan Phytotherapy Research, menunjukkan bahwa manfaat bubuk jahe sebanding dengan sumatriptan, obat migrain dengan resep umum, tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

2. Papermint

Peppermint terdiri dari mentol yang membantu mengatur aliran darah dalam tubuh. Minyak peppermint juga mengandung sifat antimikroba yang dapat membantu menenangkan masalah pencernaan.

Campurkan {3|three} tetes minyak peppermint dalam 1 sendok makan minyak almond. Pijat pelipis atau bagian leher belakang atau juga bisa mengoleskan daun peppermint di dahi, tetapi harus ditumbuk terlebih dahulu.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical Practice menemukan bahwa mentol cukup efektif dalam menghentikan rasa sakit migrain dan meredakan mual.

3. Minyak Lavender

Minyak lavender punya aroma khas yang memiliki banyak fungsi seperti mengurangi sakit kepala, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan tidur, menyembuhkan luka, mengembalikan kulit, melindungi terhadap gejala diabetes dan mengurangi rasa sakit.

Caranya adalah dengan tambahkan dua tetes minyak lavender ke dua cangkir air mendidih dan menghirup uapnya. Selain itu, juga dapat mencampur 3 sendok makan minyak peppermint, minyak almond atau minyak zaitun. Gunakan campuran minyak tersebut untuk memijat kepala.

Selain itu, menurut Health Center bunga lavender juga bisa dijadikan minuman dengan menyeduhnya air mendidih.

Penelitian yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine di tahun 2014 menunjukkan, empat puluh tujuh pasien yang menderita serangan migrain melaporkan penurunan signifikan dari keparahan nyeri dan gejala terkait setelah lima belas menit menghirup 2-3 tetes minyak esensial lavender yang digosokkan ke bibir atas.

4. Daun Basil

Seperti dilaporkan oleh Boldsky, daun basil mengandung ramuan beraroma kuat yang digunakan untuk perawatan sakit kepala alami dan memiliki banyak manfaat analgesik.

Selain itu, minyak daun basil bisa melemaskan otot dan membantu menghilangkan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan.

Caranya adalah dengan memasukkan 4 daun basil dalam secangkir teh panas, lalu tambahkan setetes madu, aduk hingga rata dan minumlah saat masih panas.

5. Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang kaya akan antioksidan, melindungi kesehatan jantung, mengandung sifat anti-inflamasi, membantu melawan diabetes, dan dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Selain itu, juga bisa melawan infeksi dan virus dan membantu menyegarkan nafas secara alami. Di sisi lain, kayu manis juga merupakan bumbu ajaib yang secara efektif dapat mengobati sakit kepala.

Caranya, tumbuk beberapa batang kayu manis dan tambahkan air ke dalamnya untuk membuatnya menjadi pasta kental. Oleskan di dahi dan berbaringlah selama 30 menit. lalu bilaslah dengan air hangat.

Menurut Home Remedies Web, kayu manis sangat membantu dalam menghilangkan rasa sakit kepala yang disebabkan oleh paparan udara dingin.

6. Chamomile

Teh chamomile umumnya digunakan untuk mengobati insomnia dan kecemasan. Dikutip dari Migraine, bagi beberapa penderita migrain, teh chamomile, telah membantu dalam menghilangkan gejala migrain tertentu.

Chamomile telah digunakan untuk membantu meringankan kecemasan, meredakan sakit perut, dan membantu masalah tidur. Efek relaksasinya dapat membantu mengatasi sakit kepala.

7. Cuka Apel

Selain bisa menurunkan kadar gula darah. Meminum cuka sari apel juga dapat membantu mencegah sakit kepala atau migrain. “Cuka sari apel dapat membantu mencegah migrain yang disebabkan oleh ketidakseimbangan gula darah,” kata David Friedman, ND, DC, dokter naturopati dan ahli gizi klinis.

“Dengan menghirup uap cuka sari apel dapat membantu mengatasi sakit kepala karena sinus,” katanya. Friedman menyarankan untuk meminumnya langsung atau mengoleskan kompres cuka sari apel dingin ke dahi untuk menenangkan sakit kepala.

Next Post

Getah Kuning Si Buah Manggis

Sun Sep 20 , 2020
Manggis (garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah tropik yang banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia dan Internasional. Tidak mengherankan kalau buah manggis mendapat julukan sebagai Queen of Fruit karena keistimewaan dan kelezatan serta tekstur daging buah yang dimiliki. Julukan lain untuk manggis ini adalah Nectar of Ambrosie, Golden […]