Belum Vaksin Booster, Calon Jamaah Haji Asal Papua Gagal Berangkat ke Mekah

Tiga calon jemaah haji asal Papua selamat gagal berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji 2022, salah satunya karena belum ada vaksin lengkap untuk melawan Covid-19.

“Memang ada tiga calon jemaah haji yang batal berangkat ke Mekkah, sehingga digantikan calon lain,” kata Kepala Urusan Haji Kantor Wilayah Desawan Papua, Antaraus, Sabtu (28/5). .

Ia mengatakan, ketiga calon jemaah haji tersebut berasal dari Kabupaten Mimika. Mereka tidak bisa pergi karena dia hamil. Sehingga calon jemaah haji dan suaminya menunda keberangkatannya.

Di sisi lain, karena vaksinasi Covid 19 belum selesai. Salah satu syarat untuk meninggalkan negara itu adalah vaksinasi booster.

Sehingga tiga jemaah haji yang batal berangkat diganti dengan cadangan yang memenuhi syarat.

Narwawan yang ke Papua kali ini tercatat mengirimkan 488 calon jemaah haji dari 16 kabupaten/kota.

Para calon jemaah haji akan diberangkatkan pada 29 Juni dengan rombongan 15 orang melalui embarkasi di Makassar di Tanah Suci.

Biaya haji (ONH) musim haji 1443 H dari embarkasi di Makassar mencapai Rp 42.686.506.

Adapun rincian kuota haji untuk Papua yakni Kota Jayapura sebanyak 140 orang, Kabupaten Mimika 114 orang, Nabire 57 orang, Merauke 52 orang.

Kemudian ada 26 Persona dari Jayapura, 19 Persona dari Kabupaten Yapen, masing-masing 12 Persona dari Kabupaten Asmat dan Jayawijaya. Kemudian ada 6 orang dari Boven Digoel, masing-masing 5 orang dari distrik Waropen dan Keerom. Mappi empat orang dan Paniai dan Sarmi masing-masing 3 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.