6 Makanan Khas Bali Ini Ditanggung Menggoyang Lidah

Lihat makanan ciri khas Bali yang perlu dicicip ini, yok.
Hal yang lain umumnya sama dengan jalanan ialah kulineran. Beberapa orang menjelaskan jika tidak afdol rasanya jika jalanan, tidak sekalian kuliner atau nikmati makanan ciri khas dari wilayah yang didatangi.
Salah satunya kulineran yang banyak disukai ialah kulineran yang dari Pulau Dewata. Yap, makanan ciri khas Bali jangan dilewati, apa lagi bila kita sedang berkunjung pulau itu.
Ada beragam macam kulineran ciri khas yang dapat kita coba di Bali. Dimulai dari sajian yang diolah dengan beberapa rempah-rempah sampai kue sebagai makanan penutup juga ada. Langsung yok kita saksikan Makanan Khas Bali

Makanan Ciri khas Bali
1. Ayam Betutu

Nama makanan satu ini tentu sudah kenal kembali. Bila liburan ke Bali, pasti menyaksikan menu satu ini nyaris di semua tempat makan. Ayam betutu dibuat dari bumbu betutu, yakni bumbu ciri khas Bali yang dibuat dari kombinasi daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan sebagainya, yang jelas dibuat dari rempah-rempah.
Bumbu ini nanti akan dimasukkan pada dalam rongga pada tubuh ayam saat sebelum diolah, supaya bumbunya menyerap dengan prima dalam olahan ayam itu dan hasilkan cita-rasa yang sedap.
Langkah mengolah ayam betutu sendiri ada banyak, yakni ayam betutu yang direbus (betutu basah) atau dipanggang (betutu kering), yang mana jadi favorite?

2. Sate Lilit

Bukan hanya Jakarta dan sekelilingnya yang populer dengan sate taichan, Bali mempunyai makanan ciri khas berbentuk sate, yakni sate lilit.
Makanan ciri khas Bali satu ini dapat dibuat dari daging ayam atau ikan yang digiling. Daging ini selanjutnya digabung dengan kelapa parut, selanjutnya dililit pada tangkai bambu atau tangkai sereh yang tebal. Sate ini enaknya dikonsumsi bersama-sama dengan nasi campur Bali.
Walau demikian, banyak pula yang menjualnya secara terpisah dengan sauce sambal sebagai sauce cocolan pengiring sate.

3. Nasi Campur Bali


Telah disebut sebelumnya, tidak komplet rasanya bila tidak mengulas mengenai nasi campur ciri khas Bali. Sajian satu ini terbagi dalam nasi putih hangat, yang diperlengkapi dengan sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam.
Tetapi ada lagi satu nih yang jangan ketinggal, yakni sambal matah dan sambal embe ciri khas Bali. telah mencicip makanan ciri khas Bali satu ini, rasanya tentu terngiang-ngiang.

4. Serombotan


Mam dan keluarga pencinta sayur-sayuran? Bila iya karena itu makanan ciri khas Bali satu ini tidak bisa sampai ketinggal nih, namanya serombotan. Sajian satu ini menyediakan kombinasi sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bundar, tauge, dan pare.
Sayur-sayuran ini selanjutnya digabungkan dengan bumbu namanya Kalas, seperti santan berisi kombinasi kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Kalas sendiri digabung kembali dengan bumbu kacang dan bumbu pedas.

5. Komoh

Sudah pernahkah Mam mencicip komoh? Ini ialah makanan ciri khas Bali yang telah terkenal lama. Komoh umumnya dihidangkan di saat upacara tradisi.
Makanan ini berisi daging mentah yang dihidangkan lewat cara dicincang, selanjutnya dikasih bumbu-bumbu khusus seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah dan garam. Komoh umumnya dihidangkan dengan makanan lain seperti lawar dan muluk goreng.

6. Rujak Buleleng Bali

Bukan hanya Jakarta saja yang punyai rujak Betawi, Bali punyai rujak lho, namanya rujak buleleng. Seperti rujak biasanya, makanan ini terbagi dalam bermacam buah-buahan yang dipotong pada sebuah tempat selanjutnya nanti akan diberi bumbu rujak di atasnya secara rata. Rujak ini mempunyai rasa fresh yang pedas.
Sepintas memang serupa dengan rujak-rujak lain, tetapi sebab bumbu atau sambal lah yang membuat berlainan. Kita ketahui sendiri jika rujak normal yang sering ditawarkan akan pisahkan bumbu dengan buah yang nanti dikonsumsi lewat cara mencocol buah dengan bumbu barusan.
Beberapa bahan yang dipakai untuk bikin bumbu rujak buleleng ialah gula aren buleleng, cuka, terasi, garam, cabai rawit, dan yang lain ialah ada pisang batu.
Arah dari tambahan tipe pisang itu untuk memberikan rasa sepat sesudah keseluruh bumbu berpadu lewat cara diuleg. Ingin coba? Janganlah lupa cicip rujak buleleng bila ke Bali ya Mam.
Itu ia makanan ciri khas Bali yang pantas dicoba bila berkunjung Bali, janganlah lupa ya!