10 Jenis Soto Nusantara Yang Wajib Kamu Tahu

 

Soto adalah kuliner Indonesia yang paling legendaris. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki balapan Soto yang khas yang perlu dicoba. Berikut adalah 10  Aneka soto nusantara

  1. Soto Kudus.

Soto yang berasal dari Kudus memiliki karakteristik, yang merupakan presentasi menggunakan mangkuk kecil. Kontennya hampir sama dengan Soto secara umum, ada tauge dan kubis. Soto Kudus dapat berisi daging ayam atau kerbau, tetapi untuk daging kerbau jika di luar kota suci akan sulit dicari. Tetapi jika kita mencarinya di daerah Kudus mungkin kita akan dengan mudah menemukannya.

  1. Soto Lamongan.

Soto Lamongan adalah satu-satunya soto yang menggunakan rempah-rempah Koya, yaitu bubuk gurih yang terbuat dari udang dan bawang dalam presentasinya. Selain penggunaan Koya, karakteristik Khasan Soto Lamongan terletak pada penggunaan ayam desa karena jenis ayam ini membuat kaldu soto menjadi terasa lebih gurih dan tidak berbau.

  1. Soto Lenthok.

Sup yang satu ini khas kota khusus, Yogyakarta. Lenthok adalah hal Yang membedakan dengan Soto lainnya. Lenthok sendiri terbuat dari singkong atau jika bahasa Jawa Telo, yang tumbuk dan diberi rempah-rempah kemudian terbentuk saat digoreng. Lenthok ini rasanya enak lezat, terutama jika dicampur dengan saus sup panas.

  1. Soto Medan.

Perbedaan antara Medan Soto dan Soto lainnya adalah saus yang memakai santan dan agak kekuningan. Soto Medan terdiri dari ayam jambaran, kentang goreng dan telur rebus. Semua bahan-bahan ini akan bercampur dengan saus susu kelapa yang memiliki daun serai yang akan menginspirasi nafsu makan Anda.

  1. Soto Banjar.

Soto dari Kalimantan, tepatnya Banjar, Kalimantan Selatan, bahan utama ini adalah ayam. Soto akan mencium bau rempah-rempah seperti kayu manis, pala dan cengkeh. Selain bahan-bahan utama dalam bentuk ayam, soto ini juga memiliki komplemen lain seperti kue dan telur. Jika soto lain menggunakan nasi, sekarang yang satu ini makan lontong atau ketupat.

  1. Soto Betawi.

Soto Betawi memiliki saus santan dengan susu tambahan yang membuatnya lebih gurih. Aroma kaya akan aroma pala, cengkeh dan kardamom. Pelengkap makan Soto memiliki irisan daging, paru-paru, keripik dan acar mentimun. Ada juga jika Anda ingin menambahkan jeroan atau jika bukan jeroan masih ada mata dan juga hati.

  1. Soto Mie Bogor

Meskipun berada di kota tetangga Jakarta, yang satu soto ini memiliki rasa Soto Betawi yang berbeda. Soto yang berasal dari wilayah Jawa Barat adalah Soto Mie Bogor. Sesuai namanya, Soto Mie Bogor menggunakan mie sebagai salah satu bahan utama. Jadi, piring khas Bogor ini tidak terlihat seperti sup tetapi seperti mie rebus.

  1. SOTO BANDUNG.

Saus putih membuat soto ini selain menyenangkan dilihat dan menyenangkan untuk dimakan. Lobak adalah karakteristik Soto yang berasal dari Bandung. Selain lobak, terdapat  bahan-bahan lain seperti tomat, seledri dan kedelai yang digoreng. Jika Anda ingin tambahan lain dengan kue kentang, singkong, tempe, dan kerupuk.

  1. Soto Madura.

Soto dari Madura sama dengan Soto-soto lainnya, yang merupakan sup, Hadu yang namanya Soto. Soto terbuat dari daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge. Juga dilengkapi dengan babat, usus dan daging paru-paru yang akan membuat rasa sup ini menjadi lebih gurih.

  1. SOTO PADANG.

Jika masakan Padang terkenal karena berada di luar negeri, sekarang kami adalah kenalan dengan bagian ini. Soto Padang menggunakan daging sapi dalam pembuatannya. Saus ini tentu saja diproduksi dari ternak kasldu juga, tetapi ada campuran cuka yang membuat sup ini terasa sedikit asam dan manis.

Next Post

BELAJAR DI RUMAH ITU MENYENANGKAN , MENJADI ORANG TUA PEMBELAJAR yuk

Sun Jan 3 , 2021
BELAJAR DI RUMAH ITU MENYENANGKAN ,,,,,, SAATNYA MENJADI ORANG TUA PEMBELAJAR Putusan pemerintahan menempatkan belajar ke rumah tidaklah perihal ringan dipraktekkan di Indonesia. Siap tidak bersiap beberapa usaha dikerjakan guru biar evaluasi terus terjadi walaupun jarak jauh. Akan tetapi ada sejumlah persoalan yang ada gara-gara kebijaksanaan ini, antara lain, pelajar merasakan kesukaran waktu belajar dalam rumah, guru yang berikan bab kebanyakan, jatah internet yang gak memadahi, orang-tua yang tidak bersiap menemani, serta sejumlah persoalan yang lain. Apabila orang-tua dapat mengamati, ada begitu banyak kegunaan program belajar dalam rumah, antara lain : 1. Membentuk hubungan dengan anak Kegiatan anak di sekolah serta kegiatan orang-tua bekerja bakal membikin jarak di antara orang-tua serta anak. Dengan pekerjaan belajar dalam rumah orang-tua dapat habiskan waktu makin banyak dengan beberapa anak. Perihal ini dapat juga dipakai buat membentuk kembali korelasi tua serta anak yang lumayan regang sewaktu anak serta orang-tua repot dengan soal semasing. 2. Sosialisasi anak lebih terbangun Dengan program belajar […]